Linux mendominasi daftar superkomputer 500 terbaik

Dari 'Si Pengui n' :

Terbaru daftar Top 500 Supercomputer sekarang keluardengan bagian atas performa rig untuk melipatgandakan 1,75 petaflops.

Yang menarik bagi saya adalah kenyataan bahwa sementara multi-core CPU adalah komponen perangkat keras komputer tercepat yang memungkinkan, adalah Linux sebagai sistem operasi kekuasaan perangkat lunak.

Lebih dari 78 persen dari 500 terbaik superkomputer menjalankan beberapa jenis Linux. Resmi situs Top 500 Supercomputer daftar 391 dari 500 terbaik superkomputer dengan menggunakan 'Linux'.

Menggali sedikit lebih dalam, ada 32 tambahan mesin yang mengidentifikasi diri mereka sebagai menjalankan beberapa versi Novell's SUSE Linux Enterprise Server. Ada sekitar 16 yang mengidentifikasi Red Hat Linux atau salah satu turunannya termasuk CentOS.

Melakukan sedikit matematika, setidaknya 88 persen dari daftar menggunakan beberapa bentuk dari Linux, generik atau sebaliknya.

Itu mencengangkan. Satu-satunya sistem operasi lain yang bahkan dicatat melampaui Linux adalah IBM AIX Unix pada 22 sistem (atau lebih dari 4 persen).

Ini juga menarik untuk melihat bagaimana daftar telah berubah selama sembilan tahun.

Kembali pada bulan November 2000, Linux (generik) mewakili hampir 11 persen dari puncak daftar superkomputer, sementara AIX didominasi di 42 persen. Kali perubahan.

Intinya adalah bahwa Linux sekarang merupakan sistem operasi yang paling mampu bagi dunia komputer yang paling kuat, bukan Unix.

Linux adalah sistem operasi pilihan untuk super komputer untuk beberapa alasan, terutama dalam pandangan saya adalah fakta sederhana bahwa hal itu dapat disesuaikan dan disesuaikan untuk berkumpul yang sangat unik / grid setup digunakan oleh superkomputer. Linux juga memiliki tumpukan interkoneksi yang sangat baik untuk Infiniband dan Ethernet yang juga penting.

Selama 9 tahun terakhir, Linux telah pergi dari menjadi bagian penting dari superkomputer untuk menjadi OS yang dominan.

naskah asli : http://nl.internet.com/c.html?rtr=on&s=1,4rps,1,9w25,83vg,j3s2,3uop

Komentar