Perusahaan perangkat Linux lain yang diperoleh

An up-dan-datang jaringan perusahaan chip membeli salah satu perusahaan pertama yang mengkomersialkan embedded Linux. Cavium telah setuju untuk membayar Senilai USD 50 untuk MontaVista, yang telah beroperasi secara independen selama sepuluh tahun.

Kesepakatan kedua tahun ini untuk menggoyang tertanam Linux OS, peralatan, dan pelayanan pasar. Pertama datang Mei ini, ketika Intel diperoleh Wind River Systems sebesar $ 884M.Setelah Wind River memimpin, MontaVista mengatakan bahwa setelah akuisisi, ia akan tetap mempertahankan nama merek, dan terus beroperasi secara independen.

Yang Cavium?

Cavium yang paling terkenal untuk multi-core prosesor jaringan berdasarkan kebiasaan turunan dari MIPS64 arsitektur. It's Octeon utama dari skala keluarga prosesor single-core 16-inti model, dengan kompatibilitas perangkat lunak di kisaran. Sejak jaringan datang dalam segala bentuk dan ukuran, itu titik penjualan besar. Peralatan jaringan yang lebih besar, seperti infrastruktur telekomunikasi, kepadatan lebih tinggi dan daya yang rendah / pendinginan biaya yang berkaitan dengan arsitektur yang sangat multi inti ditambah besar lainnya. Icing kue, chip Cavium cenderung menawarkan banyak hardware adat mesin, misalnya untuk offload TCP / IP pengolahan, kriptografi, dan penyimpanan tugas-tugas pengolahan dari CPU utama (s).

Cavium berbasis di Massachusetts. Itu klaim kantor ada kunci mempekerjakan insinyur sebelumnya dengan DEC Alpha chip legendaris tim. Perusahaan juga membuat pembangunan luas kantor-kantor di India.

Yang MontaVista?

MontaVista didirikan pada tahun 1999, dan dengan demikian merupakan salah satu tanaman pertama start-up yang bertujuan untuk mengkomersialkan Linux OS susunan, peralatan, dan jasa. Hal ini didirikan oleh Jim Ready, legenda industri tertanam sering dikreditkan dengan komersial pertama off-the-real-time rak sistem operasi, VRTX (sekarang dimiliki oleh Mentor Graphics).

MontaVista telah "tertatih-tatih pada titik puncak keberhasilan" selama dasawarsa. Selama hari-hari salad tertanam Linux, pada tahun 2003, itu sering kali terdaftar di "atas perusahaan swasta" daftar, dan pengamat industri berspekulasi ketika itu mungkin "go public." Dikabarkan pelamar, sementara itu, termasuk Nokia, Sun, Enea, Red Hat, dan banyak orang lain selama bertahun-tahun.

MontaVista eksekutif selalu sulit ditentukan pada profitabilitas, bukannya berbicara atas proyeksi "arus kas positif" target. Namun, perusahaan tidak kesulitan mendapatkan dana. Ada "K" bulat (!) Beberapa tahun yang lalu, jika saya ingat dengan benar.

Dan, insinyur MontaVista menghidupkan keluar mengesankan menang. Mereka menyampaikan tumpukan Linux yang digunakan dalam hampir semua ponsel Linux awal, termasuk yang dari Motorola, Panasonic, NEC, Samsung, dan lain-lain. Di ujung kawat virtual, MontaVista mengemudi Carrier pengembangan Linux, dimulai sekitar 2003. Perusahaan juga berpartisipasi penuh semangat dalam elektronik konsumen, real-time/industrial, mil / aero, dan perusahaan printer jaringan pasar OS.

Dalam tahun-tahun terakhir, semakin MontaVista menghadapi persaingan dari Wind River, perusahaan yang lebih besar yang membagi waktu antara Linux dan VxWorks RTOS berpemilik (real-time OS). Sekarang, meskipun, Wind River's berurusan dengan Intel tampaknya telah memberikan eksekutif MontaVista model yang mereka butuhkan untuk berhasil mewujudkan strategi keluar akhirnya.

MontaVista's banyak, lama menderita investor dan pemegang saham harus kolektif bernapas lega. Di sisi lain, investasi di perusahaan selama bertahun-tahun mungkin telah berjumlah lebih dekat dengan $ 100 juta dibandingkan dengan Senilai USD 50 harga jual.

Menikah, tetapi tidak mati - bisa berhasil?

Ketika Intel membeli perusahaannya awal tahun ini, Wind River CEO Ken Klein lancarkan bersama blitzkreig PR bertujuan untuk meyakinkan semua orang bahwa Wind River akan terus beroperasi secara independen, dan bekerja dengan Intel pesaing. Demikian pula, MontaVista sedang vokal tentang komitmennya untuk mitra yang sudah ada sebelumnya dan otonom operasi.

Dalam siaran pers kemarin, MontaVista menyatakan:
Setelah akuisisi, MontaVista Software akan berjalan sebagai unit operasi terpisah dan akan mempertahankan nama merek MontaVista. Selain itu, Cavium Networks akan meneruskan model bisnis dan MontaVista tertanam dukungan Linux pada beberapa arsitektur prosesor dari beberapa vendor. MontaVista akan mempertahankan berdedikasi sendiri dan terfokus rekayasa, penjualan dan staf manajemen produk. MontaVista pelanggan dan mitra akan melihat tidak ada perubahan di lapangan menghadapi pelanggan operasi dan dukungan berbasis web dan produk situs download akan dipertahankan dan ditingkatkan dari waktu ke waktu.


Hanya waktu yang akan mengatakan seberapa baik "anak perusahaan otonom" model bekerja untuk MontaVista dan Wind River. Awal Linux OS lain dan alat-alat penyedia, Metrowerks, mencoba model yang sama selama setahun, di pertengahan Ot, sebelum muntah tangannya dan menyelaraskan diri strategis dengan perusahaan induk Freescale, yang seperti Cavium dan Intel di pasar chip.

Satu hal dalam kedua perusahaan mendukung, meskipun: Wind River dan MontaVista telah menjadi perusahaan paling sukses hingga saat ini, dalam hal mengkomersilkan embedded Linux. Jika salah satu atau kedua adalah untuk berhenti beroperasi secara otonom, yang benar-benar akan mengeja perubahan laut tertanam pasar Linux, seperti yang kita ketahui.

Komentar